8 Proposal Penelitian Dosen Teknologi Geomatika Mendapat Pendanaan di tahun 2021

Gairah dosen Program Studi Teknologi Geomatika dalam mengikuti seleksi untuk mendapatkan hibah penelitian tidak bisa dianggap remeh. Sebanyak Rp 159.230.000 dana hibah penelitian berhasil diraih oleh dosen-dosen di Program Studi Teknologi Geomatika. Dana hibah tersebut diperoleh dari 2 (dua) jenis program hibah penelitian di tahun 2021 ini. Program hibah dana penelitian yang pertama adalah hibah dana penelitian yang bersumber dari DRPM senilai Rp 39.230.000 dan yang kedua bersumber dari Penelitian Kompetitif Internal sebesar Rp 120.000.000.

Dosen Program Studi Teknologi Geomatika berhasil meraih pendanaan dari skema penelitian dosen pemula yakni Romansah Wumu, S.Pd., M.T. dengan judul penelitian “Perancangan Algoritma Salinitas Permukaan Air Tambak Menggunakan Data Citra Drone” dan Shabri Indra Suryalfihra, S.Kom., M.T. dengan judul penelitian “Perancangan Algoritma Suhu Permukaan Tambak Menggunakan Citra Satelit Landast-8 Studi Kasus Pesisir Kabupaten Pangkep”. Kedua dosen tersebut berharap agar hasil penelitiannya akan mampu menambah khazanah keilmuan dalam bidang Teknologi Geomatika.

Tidak hanya program hibah dari DRPM yang berhasil diperoleh, dalam program penelitian kompetitif internal Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, para dosen di Program Studi Teknologi Geomatika juga berhasil mendominasi daftar penerima pendanaan dimana terdapat 6 proposal dari 11 proposal yang didanai berasal dari Prodi Teknologi Geomatika. 6 proposal yang didanai tersebut terdiri dari 4 proposal dengan komposisi tim peneliti terdiri dari dosen teknologi geomatika dan 2 proposal dengan kompisisi tim peneliti yg berasal dari lintas prodi.

Keenam proposal tersebut berada pada 4 kategori dari 5 kategori yang dikompetisikan yaitu Aplikasi Terapan, Smart Farming, Kehutanan dan Lingkungan, Pertanian dan Startup. Pada bidang Aplikasi Terapan terdapat 4 proposal yang masuk dan diambil 2 proposal dengan nilai tertinggi dan 2 proposal yang didanai tersebut sepenuhnya berhasil diperoleh dosen-dosen Teknologi Geomatika dengan topik penelitian pemetaan aset Politani dan pemetaan potensi desa.

Kajian metode penginderaan jauh untuk pengambilan keputusan lokasi Smart Farming mendapat peringkat terbaik dari 2 proposal yang didanai dari 5 proposal topik Smart Farming yang masuk. Penerima pendanaan dalam bidang Kehutanan dan Lingkungan juga berhasil didominasi dosen-dosen Teknologi Geomatika dimana peringkat 1 berhasil diraih oleh Andrew Stefano, S.T., M.T. dengan topik penelitian Ruang Terbuka Hijau di Samarinda, dan peringkat 2 diraih oleh tim riset Dawamul Arifin, S.T., M.T bersama Ibu Erina selaku ketua tim riset, dengan topik pemetaan dalam sektor kehutanan dan lingkungan

Hal yang sama juga terjadi pada bidang startup dimana dari 2 proposal yang masuk hanya diambil 1 proposal yang akan didanai dan 1 proposal tersebut berasal dari teknologi geomatika dengan tim riset Dawamul Arifin, S.T., M.T, Shabri Indra Suryalfihra, S.Kom., M.T., dan Husmul Beze, S.Hut., M.Si selaku ketua tim, dengan topik yang diangkat adalah startup bidang pemetaan foto udara.

Kabar baik ini diharapkan mampu mendongkrak semangat para dosen Politeknik Pertanian Negeri Samarinda lainnya khususnya dosen prodi Teknologi Geomatika, untuk lebih semangat dalam melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya di Bidang Penelitian. Besar pula harapan bagi dosen-dosen terpilih untuk menularkan semangat menelitinya kepada dosen lain. Semoga langkah ini pula bisa menjadi awal untuk penelitian-penelitian berikutnya mengingat tantangan perkembangan zaman menuntut dosen untuk lebih giat menelurkan ide-ide segar dalam bentuk penelitian yang akan menjadi solusi dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada. (Admin-TG)

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *